Selasa, 17 Oktober 2017

Manajemen Strategi : VISI DAN MISI 10 PERUSAHAAN PUBLIK TERBESAR DI DUNIA

VISI DAN MISI 10 PERUSAHAAN PUBLIK TERBESAR DI DUNIA
1. Apple
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan: 41 tahun
Jumlah karyawan: 66.000
Apple dibangun oleh Steve Jobs di sebuah garasi. Apple diperkirakan memiliki nilai US$ 605 miliar, dan sering kali disebut sebagai perusahaan paling berharga.
Visi dan Misi Perusahaan APPLE
Visi

Apple di setiap meja.

Misi

Apple memicu revolusi komputer pribadi pada tahun 1970an dengan Apple II dan diciptakan kembali komputer pribadi pada tahun 1980 dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk membawa pengalaman komputasi personal terbaik kepada siswa, pendidik, profesional kreatif dan konsumen di seluruh dunia melalui inovatif software, hardware dan persembahan internet.
2. Alphabet
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan: 2 tahun
Jumlah karyawan: 69.953
Alphabet memiliki anak usaha terkenal Google. Induk usaha Google ini didirikan pada 2015, yang berisi dari anak usaha di sejumlah sektor antara lain penelitian kesehatan dan teknologi.
Visi dan Misi Perusahaan Alphabet
Visi
Menjadi pemimpin pasar global dengan membuat terobosan baru untuk menciptakan revolusi besar di bidang teknologi mikroprosesor.
Misi
Mengorganisasi informasi dunia dan membuatnya berguna dan bisa diakses dari sana saja.


3. Microsoft
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan: 42 tahun
Jumlah karyawan: 114.000
Microsoft didirikan pada 1975, dan juga dimulai dari sebuah garasi.
Visi dan Misi Perusahaan Microsoft
Visi
Menjadi pemimpin pasar global dengan membuat terobosan baru untuk menciptakan revolusi besar di bidang teknologi mikroprosesor.
Misi
  • Memberikan layanan terbaik dengan memenuhi keinginan pelanggan guna menjaga hubungan baik.
  • Menciptakan suatu layanan dengan memberikan kemudahaan dan kenyamanan bagi para penggunanya atau menciptakan lingkungan antarmuka.
  • Merekrut karyawan pekerja keras yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pemrograman.
  • Menetapkan standar industri untuk menjadi pemimpin industri.
  • Membuat produk yang berkualitas dengan harga yang murah.
4. Berkshire Hathaway
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan: 128 tahun
Jumlah karyawan: 360.000
Semula perusahaan ini bergerak di sektor tekstil pada 1888. Kemudian perusahaan tersebut berkembang menjadi induk usaha yang memiliki banyak sektor mulai dari asuransi, utilitas dan rel. Perusahaan ini juga bagian dari investor terkenal Warren Buffet.
Visi dan Misi Perusahaan Berkshire Hathaway
Visi
Dalam jangka Panjang, tujuan kami adalah untuk memaksimalkan angka pertumbuhan tahunan dari aset bersih Berkshire Hathaway, berdasarkan pertumbuhan nilai intrinsik perusahaan. Kami tidak mengukur kinerja Berkshire berdasarkan pertumbuhan aset perusaan, melainkan hanya berdasarkan pertumbuhan nilai intrinsik dari sahamnya. Kami akan kecewa jika rata – rata pertumbuhan kami dari tahun ke tahun lebih rendah dibanding rata – rata pertumbuhan perusahaan – perusahaan besar di Amerika.
Misi
Untuk mencapai tujuan kami diatas, kami memiliki dua buah metode khusus. Yang pertama, kami secara langsung membeli/memiliki perusahaan – perusahaan yang terdiversifikasi, yang mampu menghasilkan keuntungan tunai dan secara konsisten mencatatkan nilai pengembalian modal (return of capital) diatas rata – rata. Kedua, kami membeli perusahaan – perusahaan tadi melalui anak – anak usaha kami di bidang asuransi. Jika ada perusahaan bagus dan harganya cocok sehingga bisa dibeli, sementara unit usaha asuransi kami juga sedang memegang uang cash, maka kami akan membeli perusahaan tersebut.
5. Exxon Mobil
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan 135 tahun
Jumlah karyawan: 73.500
Perusahaan energi terbesar di dunia ini turun dari posisi pertama pada tahun lalu menjadi nomor lima. Perusahaan ini didirikan pada 1999 oleh dua raksasa Exxon dan Mobil.
Visi dan Misi Perusahaan Exxon Mobil
Visi
Menjadi perusahaan minyak terdepan yang mampu memenuhi kebutuhan energi di seluruh dunia.
Misi
Dengan menyediakan barang dan jasa petrokimia yang berkualitas secara ekonomis dan bertanggung jawab sosial.
6. Amazon
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan: 22 tahun
Jumlah karyawan: 222.400
Amazon dimulai dari toko buku online, dan kini semakin berkembang untuk menjual segalanya. Amazon pun dibangun dari sebuah garasi pada 1995.
Visi dan Misi Perusahaan Amazon
Visi
Menjadi perusahaan yang paling customer-cetric di dunia dan Tidak hanya untuk menjadi toko buku terbesar di Dunia, tetapi toko serba ada yang tersebar di Dunia.
Misi
Untuk menjadikan perusahaan yang paling customer-cetric di dunia, dimana pelanggan dapat mencari dan mememukan apa saja yang mereka ingin membeli secara online, maka perusahaan amazon  harus berusaha lebih baik dengan memberikan harga serendah mungkin ke pada pelanggan serta menyediakan semua barang yang di butuhkan oleh pelangggan.
7. Facebook
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan: 13 tahun
Jumlah karyawan: 15.274
Facebook didirikan pada 2004 usai menjadi uji coba saat kuliah. Pada September 2016, Facebook memiliki 1,79 miliar pengguna aktif secara harian. Sekitar 85 persen pengguna aktif di luar AS dan Kanada.
Visi dan Misi Perusahaan Facebook
Visi
Membuat aplikasi yang terpisah/ tidak menjadi bagian dari Facebook. seperti WhatsApp, Moves, Facebook massenger.
Misi
Mengembang aplikasinya, bagaimana cara mereka memberikan tool yang berguna bagi developer dan meluncurkan produk bagi konsumen.
8. Johnson and Johnson
Negara: Amerika Serikat
Usia: 131 tahun
Jumlah karyawan: 128.000
Salah satu perusahan terbesar, dan merupakan perusahaan multinasional bergerak di sektor manufaktur dan farmasi.
Visi dan Misi Perusahaan Johnson and Johnson
Visi
·         Membantu mengembangkan kepercayaan berdasarkan budaya keikutsertaanyang merangkul perbedaan dan menggerakkan inovasi untuk mempercepat pertumbuhan. (tempat kerja)

·         Mendapatkan para pekerja yang mumpuni dan memiliki performa tinggi yangmencerminkan kekuatan pasar secara global. (kinerja)

·         Bekerjasama dengan para business leaders untuk mengidentifikasi danmenciptakan peluang target pasar untuk konsumen sepanjang segmentasi demografiyang berbeda-beda. (pasar).

·         Menanamkan hubungan eksternal dengan para profesional, pasien, dan wargasipil untuk mendukung prioritas bisnis. (pemangku kepentingan eksternal)
Misi
untuk memaksimasi kekuatan secara global dari perbedaan  dan  keikutsertaan  untuk  menggerakkan hasil bisnis serta keuntungankompetitif yang mampu bertahan.
9. General Electric
Negara: Amerika Serikat
Usia perusahaan: 139 tahun
Jumlah karyawan: 333.000
Saat ini GE dikenal sebagai perusahaan industri digital. GE juga tercatat di indeks saham Dow Jones.
Visi dan Misi Perusahaan General Electric
Visi
GE melakukan perubahan visi perusahaan yang awalnya "We Bring good things life”
menjadi “imagination at work”. Visi tersebut mempunyai tujuh program inti yang dinamakan dengan: “Welch’s Seven-Point Program for Management by Leadership” yaitu:
1)      Mengembangkan visi untuk bisnis
2)      Mengubah kultur untuk mencapai visi
3)      Memendekkan atau meratakan struktur organisasi
4)      Menghilangkan birokrasi
5)      Memberdayakan individu
6)      Meningkatkan kualitas dan efisiensi
7)      Menghilangkan hambatan

Misi
        GE menggunakan cara tersendiri dalam membuat pernyataan misi dan tujuan jangka panjang. Tidak seperti perusahaan lain, GE menyatakan misi dan tujuan jangka panjangnya dalam Filosopi GE.
1)            Imagine : Kami menggunakan imajinasi pada pekerjaan untuk pelanggan, orang-orang, dan masyarakat kami
2)            Solve   : Kami membantu menyelesaikan beberpa masalah berat dunia
3)            Build   : Kami adalah suatu kultur berkinerja yang membangun pasar, orang-orang, dan nilai pemegang saham
4)            Lead   : Kami adalah meritrocacy  yang memimpin melalui pembelajaran, inklusif, dan perubahan
10. China Mobile
Negara: China
Usia perusahaan: 20 tahun
Jumlah karyawan: 438.645
China Mobile menyatakan sebagai perusahaan jaringan mobile terbesar di dunia. Selain itu juga sebagai provider jasa telekomunikasi yang memimpin di China dan Hong Kong.
Visi dan Misi Perusahaan China Mobile
Visi
Menjadi pemimpin dunia di dalam dunia telekomunikasi dan mencapai evolusi lompatan dari keunggulan hingga keunggulan.
Misi
Menjadi pemimpin dalam peran pengembangan industri komunikasi bergerak di China dan juga memegang posisi penting di kancah internasional. China Mobile telah membangun jaringan yang komprehensif dengan cakupan yang luas, berkualitas tinggi, beragam jenis bisnis dan layanan pelanggan kelas satu


Daftar Pustaka
http://liazhepty.blogspot.co.id/2011/05/visi-dan-misi-perusahaan-apple.html
http://www.reopan.com/tentang-alphabet-perusahaan-induk-google/
http://www.scjohnson.co.id/index.php/about/visi_misi
http://sekilasamaazon.blogspot.co.id/2013/10/visi-misi-tujuan-dan-strategi.html
http://uliliu.blogspot.co.id/2014/04/kumpulan-visi-dan-misi-perusahaan-du.html
http://indahfitriani979.blogspot.co.id/2016/01/bab-i-pendahuluan-1.html


1 komentar: