Rabu, 11 Oktober 2017

MANAJEMEN SDM "Proses Seleksi dan Rekrutmen"

1.    Apa yang saudara ketahui tentang MSDM, Jelaskan dan Berikan contoh!
Jawab :
Manajemen sumber daya manusia adalah lima fungsi dasar yang berupa perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya manusia dalam posisi manajemen, yaitu merekrut, menyaring, melatih, memberi penghargaan, dan penilaian kepada karyawan untuk mencapai tujuan yang di tetapkan.
Tujuan utama  manajemen sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kontribusi karywan terhadap perusahaan dalam rangka mencapai produktivitas perusahaan yang bersangkutan. Hal ini karena semua kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuan, tergantung kepada bagaimana karyawan yang mengelola perusahaan yang bersangkutan. Oleh sebab itu, sumber daya manusia tersebut harus dikelola agar dapat berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan perusahaan.
Contoh Kasus
Proses Seleksi pada PT Central Prima Kelola
Berdasarkan hasil job deskripsi dan job spesifikasi di hasilkan bahwa PT Central Prima Kelola
  Membutuhkan Engineer dengan sfesifikasi sebagai berikut :
·         Pendidikan Lulusan D3
·         Umur Maksimal 30 Tahun
·         Berpengalaman
·         IPK 3,00
·         Tinggi Badan 155 cm untuk Wanita dan 160 cm untuk  Pria.

Proses Rekrutmen
Dasar kegiatan rekrutmen :
·         Dibutuhkan Engineer untuk proyek di PT Central Prima  Kelola
·         Ada Kebutuhan yang direncanakan dan tidak direncanakan.

Penentuan Sumber Rekrutmen
·        Sumber eksternal yang diperoleh dari lingkungan luar  seperti refrensi karyawan.
·        Dalam mendapatkan sumber pelamar di PT Central Prima Kelola belum memiliki hubungan kerjasama dengan lembaga pendidikan umum maupun lembaga pendidikan

 Metode Rekrutmen
Metode yang digunakan dalam rekrutmen karyawan adalah metode terbuka, karena informasi disebarluaskan kepada semua pihak baik internal maupaun eksternal perusahaan dengan menggunakan berbagai media seperti Surat kabar dan Internet

Proses Seleksi
Dasar Seleksi
Harapan perusahaan PT CPK adalah mendapatkan engineer yang  terlatih dan kompeten, serta mendapatakan karyawan yang tidak hanya memeiliki profesionalitas namun juga baik dari segi keagamaannya.

Kualifikasi Seleksi
Kriteria karyawan yang akan lulus seleksi adalah :
·         Berdasarkan apa yang ada dalam form wawancara
·         Berpengalaman diatas 1 tahun
·         Karyawan memiliki kemampuan penunjnag seperti memiliki inisiatif, motivasi, kreatif, memiliki pengetahuan agama yang  baik dan berpenampilan baik.
Langkah-Langkah Seleksi :
·         Seleksi berkas lamaran
·         Pemanggilan
·         Tes tulis
·         Wawancara
·         Tes keterampilan yang dilakukan selama 2 hari.
·         Setelah ada rekomendasi untuk diterima maka selanjutnya dilakukan tes kesehatan dan psikotes.


2.    Menurut pendapat saudara adakah perbedaan perencanaan SDM :
a.    Perusahaan Jasa
b.    Perusahaan Dagang
c.    Perusahaan Listrik
Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab :
                        Perencanaan adalah menentukan sasaran dan standar – standar, membuat aturan dan prosedur, menyusun rencana – rencana dan melakukan peramalan. Perbedaan perencanaan pada perusahaan jasa, dagang, dan listrik yaitu terletak pada keahlian karyawan yang dimiliki berbeda dan perusahaan tersebut juga bergerak di bidang yang berbeda sehingga perencanaan yang di buat oleh setiap perusahaan berbeda.
                        Perusahaan jasa, karena perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa maka perusahaan membuat perencanaan untuk karyawan perusahaan, yaitu:
a)    Karyawan yang harus tanggap terhadap keluhan konsumen
b)    Karyawan harus murah senyum
c)    Karyawan yang sabar menghadapi konsumen
d)    Karyawan yang juga cekatan dalam bekerja atau melayani konsumen.
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang menjual produk kepada konsumen contohnya Giant, Hypermart, dan Hero. Perencanaan yang di buat, yaitu:
a)     Karyawan yang di butuhkan banyak dan memiliki keahlian yang berbeda
b)     Karyawan dapat mengoperasikan berbagai macam alat, seperti kasir, pengangkut barang dan transaksi kartu kredit
c)     Karyawan harus pintar dalam mengambil minat konsumen untuk berbelanja
Perusahaan Listrik adalah perusahaan yang bergerak dalam membangun listrik sehingga kita dapat menikmati aliran listrik di setiap rumah. Perencanaan yang di buat oleh perusahaan, yaitu:
a)    Karyawan yang ahli dalam bidang listrik
b)    Karyawan yang teliti dan cermat
c)    Karyawan yang bekerja keras

Contohnya
Pada perusahaan jasa asuransi PT. BPJS, karyawannya harus ahli dalam bidangnya, karyawan harus tanggap terhadap keluhan konsumen, harus murah senyum. Karena perusahaan asuransi yag di jual adalah jasa pelayanan bukan barang jadi karyawannya harus pandai dalam menangani konsumen.
Pada perusahaan dagang PT. GIANT, karyawannya di tuntut untuk pintar dalam hal menarik minat konsumen untuk beli barang di giant, seperti dengan membuat discount ataupun promo yang lain.
Pada perusahaan Listrik PT. PLN, karyawan harus ahli dalam bidang pemasangan listrik. PLN juga bergerak di bidang jasa dan dagang karena dia menawarkan jasa pemasangan listrik dan juga menjual alat pemasangan listrik. Sehingga, listrik dapat di nikmati oleh setiap kalangan.

3.    Menurut pendapat saudara mengapa karir sesorang dalam sebuah perusahaan menjadi tidak sama pencapaiannya. Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab :
Karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.         Tidak sama pencapaian karir seseorang di sebabkan oleh:
·     Kinerja
Gaji dan posisi adalah indikator yang lebih populer dari kinerja karir. Jelasnya, semakin cepat gaji seseorang meningkat, dan semakin tinggi kedudukannya, maka semakin tinggi pula kinerja karirnya. Derajat pertumbuhan gaji dan posisi tercermin dalam seberapa banyak tindakan pekerja yang memberikan kontribusi demi pencapaian kinerja organisasi

·         Sikap
Konsep sikap karir (career attitudes) mengacu pada cara orang – orang memandang dan mengevaluasi karir mereka. Orang – orang yang memiliki sikap karir yang positif juga akan memiliki persepsi dan evaluasi yang positif tentang karir mereka. Sikap positif memiliki implikasi penting terhadap organisasi, karena orang – orang yang memiliki sikap positif lebih memiliki komitmen karir dan keterlibatan jabatan yang tinggi.

·         Kemampuan adaptasi
Sedikit sekali profesi yang bersifat stagnan dan tidak mengalami perubahan. Perubahan itu sendiri membutuhkan pengetahuan dan keahlian baru untuk mempraktikkannya. Orang – orang yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan itu dan tidak dapat mempraktikkannya dalam karir mereka akan segera mengalami kesulitan dan kehilangan pekerjaan.

·         Identitas
Identitas karir (career identity) mencakup dua unsur penting. Pertama, wawasan yang menyebabkan orang – orang memiliki kesadaran yang jelas dan konsisten terhadap minat, nilai – nilai, dan harapan mereka untuk masa yang akan datang. Kedua, wawasan yang menyebabkan orang – orang memandang kehidupan mereka tetap konsisten sepanjang waktu, wawasan yang menyebabkan mereka melihat diri mereka sendiri sebagai perpanjangan dari masa lalu mereka. Ide yang terwujud dalam konsep ini adalah, “ingin jadi itu ?” orang – orang yang mampu menjawab pertanyaan ini secara memuaskan biasanya memiliki karir yang efektif, dan mampu memberikan konribusi kepada organisasi yang mempekerjakan mereka.
            Contohnya
                        PT. PARK melakukan sistem perekrutan karyawan dan dari seleksi tersebut yang berhasil lolos ada sekitar 3 orang, yaitu Park Chanyeol, Oh Sehun dan Kim Jongin. Seiring berlajannya waktu 3 karyawan tersebut memiliki jenjang karir yang berbeda. Park Chanyeol telah menjadi top manajer, Oh Sehun menjadi middle manajer sedangkan Kim Jongin low manajer. Perbedaan jenjang karir ini terjadi adanya perbedaan kinerja yang di hasilkan oleh ke 3 karyawan tersebut. Sehingga karyawan yang bernama Park Chanyeol telah menjadi top manajer, karena kerjanya yang bagus dan membuat atasannya bangga sehingga cepat mendapatkan promosi. Karyawan yang bernama Oh Sehun sendiri bagus dalam kinerja tapi tinggkatnya masih di bawah karyawan yang bernama Park Chanyeol sehingga Oh sehun sedikit lama mendapatkan promosi. Sedangkan, Kim Jongin tidak memiliki kinerja yang bagus dalam bekerja sehingga Kim Jongin tidak mendapatkan promosi dan hanya tetap pada jabatan awalnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar