Rabu, 11 Oktober 2017

Mata Kuliah SISTEM INFORMASI MANAJEMEN "Mengapa suatu organisasi begitu membutuhkan sistem informasi manajemen?"

1.   Mengapa suatu organisasi begitu membutuhkan sistem informasi manajemen? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab :
            Karena Sistem informasi manajemen atau SIM  adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
                        Semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi memerlukan informasi. Demikian pula sebaliknya, semua kegiatan menghasilkan informasi, baik yang berguna bagi perusahaan yang melaksanakan kegiatan tersebut maupun bagi perusahaan lain diluar perusahaan yang bersangkutan, oleh sebab informasi berguna untuk semua macam dan bentuk kegiatan dalam perusahaan.
Apabila sistem informasi manajemen dirancang dan dilaksanakan dengan baik, maka akan banyak manfaat yang bisa diperoleh manajemen perusahaan, yaitu mempermudah manajemen dan membantu serta menunjang dalam proses pengambilan keputusan manajemen. Karena sistem informasi manajemen menyediakan informasi bagi manajemen perusahaan atau organisasi dimana sistem informasi manajemen tersebut dilaksanakan.
Sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan informasi memegang peranan penting. Pentingnya peranan informasi bagi pemimpin adalah untuk mengambil keputusan sebagai dasar tindakan di masa mendatang. Suatu keputusan yang dihasilkan dengan tidak berdasarkan pada penggunaan informasi yang tepat akan berakibat pada pengambilan keputusan yang cukup fatal dan tidak dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan.
Manajemen menggunakan informasi untuk dua tujuan yaitu perencanaan dan pengawasan. Perencanaan terjadi sebelum pelaksanaan aktivitas organisasi. Tujuan yang ditentukan oleh proses perencanaan harus dicapai dengan aktivitas itu. Meskipun perencanaan meliputi semua tingkat organisasi, tetapi kebanyakan terjadi pada tingkat keputusan strategis dan taktis.
Perencanaan banyak bergantung pada peramalan dan dan informasi dari luar. Pengendalian merupakan hal mebandingkan hasil aktual dengan rencana yang ditentukan pada proses perencanaan. Demikian pentingnya peranan sistem informasi manajemen dalam usaha pencapaian tujuan, sehingga jelaslah bahwa penggunaan dari sistem informasi manajemennya harus dikaitkan dengan usaha-usaha modernisasi, sedang proses modernisasi hanya dapat terjadi bila ditarik manfaatnya dari kemajuan yang telah dicapai dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam manfaat dan peranan sistem informasi manajemen seorang pemimpin dapat mengikut sertakan orang lain dalam arti memikirikan masalah bersama-sama dan bersama pula bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan perusahaan ataupun organisasi.
Hampir di seluruh sektor bisnis di dunia ini menggunakan sistem informasi di perusahaan atau organisasi mereka. Bukan hanya itu, mereka pun selalu berusaha melakukan berbagai macam cara untuk menggembangkan sistem informasi yang digunakan di perusahaan atau organisasi mereka. Hal tersebut disebabkan karena sistem informasi memegang peranan yang cukup penting dalam bisnis mereka.

Contohnya :
Perusahaan Park yang tidak menerapkan SIM secara baik dan benar maka dalam penyampaian dalam hal perintah dari atasan ke bawahan ataupun sebaliknya penyampain tangung jawab dari bawahan ke atasan tidak akan tersampai secara baik dan juga akan terjadi kesalahpahaman karena kurangnya informasi. Juga berakibat pada pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pimpinan apabila salah dalam menggabil keputusan maka dapat berakibat fatal dan perusahaan tidak dapat menapai tujuan yang ingin dicapai. Sehingga sistem organisasi perusahaan tersebut bisa di bilang kacau atau berantakan karena kurangnya penerapan SIM dalam sistem organisasinya.

2.      Menurut pendapat saudara Sistem Informasi Manajemen itu statis atau dinamis? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawab :
            Menurut Pendapat Saya, Sistem Informasi Manajemen itu dinamis karena adanya evolusi perkembangan konsep SIM, maksudnya adalah secara pelan ( tidak serentak) tetapi pasti sistem informasi manajemen mangalami perkembangan. Perkembangan tersebut terjadi pada prosedurnya dan pengolahan komputer; sehingga hal ini dapat meningkatkan kemampuan organisasi.
            Perkembangan prosedural yaitu semakin meningkatnya penggunaan konsep – konsep manajemen dalam SIM, seperti: teori manajemen, ilmu manajemen dan perakunan manajerial. Tentu saja penggunaan tersebut lebih cenderung khas penggunaannya dalam SIM.
            Penggunaan teori manajemen dalam SIM bertujuan untuk peningkatan perilaku manusia, baik yang terlibat dalam proses (sistem manusia dan mesin) maupun yang terlibat dalam pengambilan keputusan; sehingga kualitas organisasi meningkat. Ilmu manajemen cenderung memakai kriteria ekonomis dan teknis dari kriteria perilaku; misalnya: sistematis dalam pemecahan masalah, pemakaian prosedur matematis dan statistis dalam analisis keputusannya.
            Perakunan manajerial digunakan dalam perhitungan keuangan secara keseluruhan; di samping perhitungan biaya dan penganggaran. Pengolahan komputer berkembang sejajar dengan berkembangnya teknologi komputer, baik dalam perangkat kerasnya maupun perangkat lunaknya, sehingga benar – benar mendukung ketetapan dan kecepatan informasi yang dibutuhkan.
            Pada SIM, seperti pada bidang – bidang pekerjaan lainnya, terjadi usaha peningkatan profesional, yaitu usaha peningkatan mutu sumber daya manusia. Usaha tersebut dilaksanakan melalui program akademis formal. Pada prinsipnya program akademis formal dibagi dalam dua bagian, sesuai dengan kebutuhan sistem informasi itu sendiri, yaitu bidang analisis sistem keorganisasian dan bidang perancangan sistem.
            Analisis sistem keorganisasian adalah berhubungan dengan struktur organisasi dan perilaku manusia yang terlibat dalam SIM. Perancangan sistem berhubungan dengan sistem teknologi komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya, serta prosedur pelaksanaanya sehingga benar – benar dapat menunjang lancarnya SIM.
            Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus dapat dilakukan secara terus menerus mengingat aspek ini mempunyai tingkat dinamisasi yang tinggi sehingga kebijakan yang diambil oleh pimpinan untuk membangun dan mengembangkan TIK harus juga sifatnya dinamis.
           

Contohnya :
Dalam organisasi pemerintah, dukungan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat penting kedudukannya. Teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu perbaikan kinerja organisasi. Konsep perkantoran modern tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi. Ketika belum dikenal komputer, pekerjaan yang dilakukan pada instansi pemerintah prosesnya sangat lambat walupun pekerjaan dapat diselesaikan. Efisiensi dan efektivitas tentu berbeda tingkat capaiannya dibandingkan dengan saat ini ditunjang dengan penggunaan teknologi informasi. Oleh karena itu, dalam perjalanannya, pemerintah memandang perlu diterapkan perkantoran berbasis elektronik untuk menunjang kinerja agar menjadi lebih optimal lagi. Demikian di Indonesia, akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan Pengembangan E-Government pada tahun 2002 oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.





Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen
http://iphenimnus.blogspot.co.id/2013/10/peranan-sistem-informasi-manajemen.html
http://ningsihtania.blogspot.co.id/

http://www.kompasiana.com/karnolan99/pengembangan-sistem-informasi-manajemen-di-daerah_5529ccebf17e61fe26d623b2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar